Jumat, 10 Desember 2010

PARA PRIA YANG MENJADI INSPIRASI CERITAKU

Bagi seorang pengarang, apapun yang ada di sekitarnya bisa menjadi inspirasi untuk karyanya. Begitu pun aku. Sampai saat ini ada tiga pria yang sudah menjadi inspirasi bagi keluarnya karyanya. Mereka adalah :


RAYMOND MASON dari UK
http://www.facebook.com/notes.php?id=1499923035&notes_tab=app_2347471856#!/note.php?note_id=464030089232

Cerita ini aku ikut sertakan dalam lomba flash fiction (FF) Pengantin Semesta yang diadakan oleh perpustakaan Abatasa. Tidak menang memang. Tapi bagi aku sangat mengesankan karena seperti mengupas kenangan pertemanan yang manis antara aku dan Ray.

Seperti digambarkan dalam kisah itu bahwa benar Ray adalah seorang warga Negara UK keturunan dari ibu Jerman dan ayah Inggris. Kisah hidupnya sangat menyentuh hati, sepertinya bagus untuk dibuat novel. Bagi aku ia gambaran pria yang sangat sukses tapi juga baik hati. Dalam keseharian ia pandai membawa diri. Ingin juga aku memajang fotonya yang mempunyai wajah cool dan mempesona. Tapi aku malas meminta izinnya. Biarlah foto – fotonya hanya menjadi bagian koleksiku saja.

Sekarang ia bukan seorang konsultan Marine lagi. Tapi sudah menancapkan karir gemilang dimana bisnisnya menuntut modal yang sangat besar yang mengharuskan ia keliling dunia selamanya.

Dalam FF itu aku gambarkan ia meninggal. Sebenarnya hanya sebuah kiasan saja tentang perpisahan. Bahkan harga mahal yang harus diterima untuk sebuah pernikahan. Bagi seorang wanita muslim akidah adalah nomor wahid, tak bisa ditawar – tawar lagi. FF itu adalah karya untuk mengenangnya. Karena aku tidak mau berkomunikasi dengannya lagi.

ROBBY NASIR dari UK

Wajahnya cerah mempesona. Gambaran ketampanan yang eklusif. Ia keturunan Syria dan Jerman. Tetapi ia warga Negara UK juga. Ia seorang duda dengan seorang anak perempuan bernama Roseline.

Sosoknya menjadi inspirasi cerpenku berjudul “ I love You Roseline.” Cerpen itu mengisahkan tentang seorang mahasiswi sastra Inggris yang berkenalan dengan pria di internet, kemudian mereka terlibat hubungan cinta serius. Pria itu kemudian datang ke Indonesia lalu membawa gadis itu untuk untuk diperkenalkan dengan keluarganya.

Musim semi yang indah membuat gadis itu sangat terpukau. Ditambah semua keluarga Robby di sana bersikap welcome padanya. Termasuk Roseline, anak lucu yang begitu bahagia atas kedatangannya. Ia menemukan profil seorang ibu yang melekat pada wanita itu. Ibu Roseline sendiri sudah meninggal karena kecelakaan.

Tibalah saatnya wanita itu pulang ke Indonesia. Hatinya penuh harapan. Lamaran Robby belum dijawabnya. Ia ingin minta restu ibunya dulu. Wanita yang selama ini membesarkannya. Sendirian. Ia yakin mamanya setuju karena Robby adalah pria yang sangat baik dan sopan.

Tetapi betapa kecewanya ia sesampai di rumah karena ibunya bukan saja tidak merestuinya tapi juga sangat murka padanya. Tak ada pilihan lain bagi gadis itu kecuali menurut pada ibunya. Karena dari sanubari terdalamnya ia mengakui kalau alasan ibunya memang benar.

Akhirnya ia mengambil keputusan untuk taat pada ibunya. Tetapi ia pun menangis untuk Roseline. Gadis kecil yang mulai ia sukai dan cintai. Ia berjanji akan tetap memperhatikan Roseline walau dari jauh.

Cerpen ini belum dipublikasikan. Tadinya mau diikutkan lomba cerpen BWS. Tapi keburu komputer rusak. Padahal sudah riset setting untuk musim semi di Inggris. Gambar – gambar ilustrasi dan gambaran suasana di sana. Tapi tak apa, masih banyak kesempatan lain menanti. Insya Allah.

RYAN NELSEN dari UK

Dia warga Negara UK juga. Seorang kontraktor. Sebenarnya negri asalnya adalah Mesir. Ialah satu – satunya temanku asal Inggris yang beragama Islam. Sebenarnya nama panggilannya adalah Rayan. Tapi di FF hororku aku memanggilnya Nels.
Link

Ngomong – ngomong masalah FF.Aku sebenarnya baru menulis jenis tulisan seperti ini. Ini adalah FF ku yang keempat. Yang pertama, ikut lomba FF-nya Akhi Dirman Al Amien. Ke laut, ternyata salah konsep. Aku menulisnya dalam bentuk narasi bukanlah fiksi.

Belajar dari kekurangan FF pertamaku, aku menulis FF keduaku, Pengantin Semesta. FF yang ketiga adalah FF untuk memperingati hari ibu. Tentu saja dengan tema ibu.FF ini diadakah Dang Aji. Momennya bernama KITAB (Kisah Tentang Ibu).
http://www.facebook.com/notes.php?id=1499923035&notes_tab=app_2347471856#!/note.php?note_id=485408304232
Dan yang keempat adalah lomba FF horror yang diadakan oleh BLogfam.
http://semangatmenulis.blogspot.com/2010/12/penampakkan_05.html

Jujur, sebenarnya aku tidak puas menulis FF ini. Gara – gara berkejaran dengan deadline, Aku merasa usahaku tidak maksimal. Pertama, aku merasa ceritaku riskan yaitu penampakan. Inspirasinya sendiri memang dari kisah nyata dimana aku sering melihat sekelebatan sosok tinggi besar lewat di depan jendela. Aku juga pernah mendengar orang memanggil namaku setelah suara petir. Aku pikir itu halusianasi saja. Sebenarnya aku juga ingin menegaskan hal – hal yang sebenarnya bisa dijelaskan dengan ilmu jiwa. Akhirnya yang keluar malah cerita khayalan. Tak apalah menjadi semacam cerita kacangan seperti film – film horror di Indonesia. Ditambah lagi ada adegan pelukan dan ciuman. Lengkap sudah kenorakanku. Padahal tokoh inspirasi ceritaku adalah Nels. Seorang muslim yang sangat peduli pada perkembangan agamanya. Duh, jadi tidak enak, nantilah kukabari Nels untuk minta maaf. Aku akan katakan aku hanya meminjam namanya saja. Hm, bagaimana reaksi dia ya?


***

1 komentar:

misfah mengatakan...

ya...the men in our life are the greatest inspiration for wiriting...kadang aktor atau vocalist idola juga bisa jadi inspirasi walau kadang namanya ngga kita tulis. dulu waktu zaman masih sekolah kalo aku sebel sama satu sosok yg menuinspirasiku kubuat aja cerpen yg kisahnya sebaliknya....he..he...emang sih ngga nyelesaian masalah tapi setidaknya aku bisa mengekspresikan kekesalanku menjadi suatu karya..