Minggu, 02 Juni 2013

Situs Belanja Online Ideal di Mataku



Aku termasuk orang yang suka belanja secara online. Bukan karena  ingin gaya-gayaan. Atau mengikuti tren yang sedang berkembang. Hal itu semata aku lakukan karena keterbatasan waktu yang ada. Saat ini aku menjalani tiga profesi berbeda. Sebagai karyawati, penulis freelance dan juga ibu rumah tangga. Kebayang bagaimana aku harus mengatur waktu untuk bekerja, menepati deadline menulis dan urusan rumah yang menjadi tanggung jawabku pula. Berjubelnya tugas-tugas itu tentu saja harus kuselesaikan semua.  

Maka ketika aku membutuhkan suatu barang, belanja online aku jadikan sebagai alternatif pilihan. Termasuk ketika kelima sepatu anakku rusak semua dalam waktu yang hampir sama. Dia sendiri sibuk luar biasa. Pergi pagi pulang malam kemudian menyelesaikan tugas-tugas kuliahnya. Akupun tak kalah sibuknya. Maka aku membuka internet, menyuruhnya melihat model sepatu yang diinginkannya, menanyakan nomornya, pesan, bayar. Selesai sudah. Beberapa hari kemudian sepatu itu sudah ada di rumah.

Untungnya, sampai saat ini aku tak pernah dirugikan berbelanja online dengan cara seperti itu. Semua barang diterima dengan keadaan baik dan tepat waktu. Begitu pun dengan kualitasnya. Sampai saat ini aku tidak pernah kecewa. Entah itu saat membeli tas, baju atau sepatu. Belum pernah tuh aku kena tipu seperti sobat online lainnya. Itu karena aku selektif memilih toko online yang terpercaya. Ya, maksudnya agar terbebas dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Berbicara mengenai website belanja online terpercaya, biasanya itu dikelola secara profesional. Tampilannya juga dibuat menarik dan tidak acak-acakan. Yakin segala sesuatunya dibuat dengan penuh perhitungan matang. Sebagai contoh adalah Blog Toko Baju Butik Online. Dan inilah kesanku tentang website satu itu.

a.       Estetika yang memanjakan pandangan mata.

Ada banyak situs belanja online di internet. Namun jujur, aku pilih-pilih kalau ingin melihat-lihat isinya. Apalagi sampai memutuskan untuk berbelanja. Sebagai blogger yang sering menulis review, pandangan mataku jadi terbiasa melihat tampilan depan sebuah website. Dengan kesan pertama melihat saja, biasanya aku sudah bisa membedakan mana situs yang tampilannya menarik dan mana yang tidak.

Aku memang tipikal orang yang menilai sesuatu lewat kesan pertama. Kata iklan juga, jika kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda. Tapi jangan salah. Kesan manis yang didapat itu bukan karena keglamoran warna dan tampilan yang mencolok mata. Tetapi justru sebaliknya, yang memikat itu adalah yang tampil lewat kesederhanaan dan keserasian dalam tata letak dan warnanya. Sehingga menimbulkan efek psikologis tersendiri bagi yang melihatnya. Bagiku segitu saja sudah cukup. Dan hal itu aku temukan pada situs Blog Toko Baju Butik Online Judul website itu terpampang paling atas dengan huruf besar. Tampilan yang simpel namun informasinya mengena. Otak tidak cape bekerja untuk berpikir. Dengan lima kata itu, kita bisa tahu bahwa situs itu menjual baju secara online. 

Menarik, untuk setting putihnya, bagiku paling sempurna. Latar dasar untuk menempatkan ikon yang mudah dipadupadankan dengan aneka warna. Ternyata pilihan dominan dijatuhkan pada warna hijau sebagai warna bagi konten. Entah itu sidebar daftar isi maupun yang lainya. Sebagaimana kita ketahui kalau warna hijau memberi kesan segar, hidup dan pembaharuan. Sifatnya juga menenenangkan. Warna itu juga sekarang sedang sangat popular karena menjadi tren warna untuk back to nature. 

Untuk kesan pertama, inilah situs yang cukup sempurna. Selain aksen warna yang memikat, penyusunannya juga rapi dan teratur. Tentu saja hal itu semakin membuat hasrat ingin terus menelusuri. Penasaran untuk membuka konten-konten yang masih tersembunyi di dalamnya. Klik!

b.      Lengkap, sehingga kita tidak usah kemana-mana.

Keterbatasan waktu memang menjadi kendala yang utama bagi mereka yang sibuk bekerja. Oleh karena itu, keberadaan toko online terutama untuk produk pakaian sangat diharapkan kelengkapannya. Peruntukkannya, selain untuk wanita dewasa, juga untuk pria dan  anak. Termasuk kelengkapannya seperti aksesoris, sepatu dan lain sebagainya. Maksudnya, agar sekali buka kita bisa mendapatkan semua yang kita butuhkan.  

Hal itu juga termasuk jenis dan warnanya. Misal untuk baju wanita ada blus, dress, cardigan, celana, kebaya, rok dan lain sebagainya. Warna-warnanya pun tampil dengan berbagai pilihan. Bahkan tersedia model terbaru yang sedang trendi. Karena keberagaman seperti itu, kita jadi merasa puas memilih dan menentukan barang yang kita butuhkan namun sesuai selera. Apalagi jika ada promo diskonnya. Hm, senang sekali rasanya.


 c.   Kami ingin segala yang serba mudah. 

Sebagian dari pengunjung situs belanja mungkin saja ada yang secara tidak sengaja berkunjung. Mungkin juga ada yang pertama kali belanja dengan cara seperti ini. Makanya cara belanja yang mudah akan membuat orang berani mencoba. Sama,  ketika aku belanja online pertama kalinya. Petunjuk yang mudah diikuti besar sekali manfaatnya. Juga kontak komunikasi atau pelayanan kostumer itu cukup membantu. Kita jadi mudah mendapatkan informasi tentang sesuatu yang kurang jelas. Dan terakhir, yang mempunyai daya pikat tersendiri adalah ongkos kirim yang digratiskan. Dan semua hal positif di atas ada di situs online Blog Toko Baju Butik Online lho!

Keberadaan situs seperti itu jelas membantu. Maklum sebagai wanita sering dianggap sebagai pengambil keputusan untuk berbelanja. Jika suami membutuhkan batik, pasti minta dipilihkan wanita. Begitu pun anak remaja, mereka sering minta pendapat ibunya. Apalagi anak-anak yang masih balita. Keputusan mutlak ada di tangan kita. Karena itulah, keberadaan situs belanja online seperti ini sangat aku apresiasi keberadaannya. Sungguh, sangat membantu, terutama bagi wanita sibuk seperti aku.



***




Tidak ada komentar: