Selasa, 05 Maret 2013

Mengenal Berbagai Manfaat Meditasi





Sebenarnya praktek meditasi sudah ada sejak jaman dahulu kala. Nenek moyang kita melakukannya sebagai bentuk syukur pada Yang Menggerakkan Kehidupan. Pada saat itu meditasi menjadi sarana perenungan dan penyatuan diri terhadap alam sekitar.

Ada suatu posisi yang khas ketika bermeditasi.  Badan dalam keadaan duduk bersila dengan mata yang dipejamkan. Napas pun diatur dalam irama tertentu . Sepintas memang persis ritual semedi pada salah satu  agama. Tetapi tidak, siapapun bisa melakukan gerakan seperti itu.
 
Ketenangan yang diciptakannya ternyata mampu mengendalikan cara berpikir kita. Pada akhirnya menuntun pikiran kita ke arah yang lebih positif. Kita jadi mampu mengenali siapa diri kita sesungguhnya. Dengan demikian kita bisa berbijak dalam menyikapi suatu masalah. Misalnya masalah yang besar ditahan untuk tidak menjadi semakin besar. Dan masalah yang kecil tidak dibiarkan berkembang semakin besar.


Dalam posisi seperti itu juga, kita diajak berdamai lewat proses membaca diri. Pikiran dituntun untuk  merenungkan berbagai hal tentang hidup. Misalnya tujuan hidup sebenarnya, kelebihan dan kekurangan diri, pencapaian dan kegagalan yang sudah dilalui, koreksi positif dan negatif yang dimiliki. Sehingga akhirnya sampai pada kesimpulan bahwa kita layak membuang semua hal yang buruk pada diri kita dan mengambil serta mempertahankan semua hal baik yang ada.
   
Karena masa sekarang, itulah titik fokus penting dalam meditasi. Kita diarahkan untuk menjalankan hidup sebaik-baiknya di masa sekarang. Karena masa lalu yang gelap hanyalah waktu yang sudah terlewati. Bukan sebuah patokan untuk arah masa depan. Bukan juga target masa sekarang. Fokuslah di masa sekarang mengusahakan hal terbaik sehingga masa depan bisa cemerlang seperti berlian.

Itulah beberapa manfaat yang bisa dipetik dari kegiatan meditasi. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat lainnya.Misalnya  meditasi dapat menumbuhkan kesadaran terhadap diri sendiri. Kita diajak untuk lebih mengenal dan memahami alam sekitar, menumbuhkan kepercayaan diri dan kesabaran untuk rendah hati.

Dengan meditasi kita bisa mempunyai reaksi yang positif terhadap Sang Pencipta. Kita akan merasa dekat dan bersyukur atas semua yang digariskan-Nya. Pikiran positif seperti itu ternyata bisa membuat recovery organ tubuh. Makanya tidak mengherankan, pada beberapa kasus, meditasi bisa menyembuhkan berbagai penyakit. 

Begitu pulalah yang  dirasakan oleh Adjie Silarus. Penyakit fisik yang dideritanya bertahun-tahun itu bermula dari stres. Berbagai upaya dilakukan untuk menyembuhkannya. Tetapi ternyata bukan obat-obatan yang bisa membuatnya kembali sehat, melainkan dengan cara mengubah pola pikirnya. Dan ternyata sarana yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit fisiknya itu adalah meditasi.

Ia terus melakukan meditasi secara konsisten. Akhirnya pola pikirnya pun terlatih dan kesehatannya menjadi pulih. Apapun kejadian  mengejutkan dalam hidupnya, ia tetap dalam posisi tenang. Meditasi membantunya menjalankan hidup lebih positif. Dan kini beliau sudah mempunyai gaya hidup positif. 

Karena pengalaman berharga itulah akhirnya AdjieSilarus memutuskan untuk menjadi meditator meditasi. Ia pun mengajak Anda melalui hari-hari yang lebih cerah dan bahagia lewat meditasi. Ikutilah sejumlah pelatihan yang diadakannya untuk  mendapatkan kualitas meditasi yang benar-benar bermanfaat. Bukan hanya sekadar melatih pikiran, namun juga mencerahkan hidup dan meningkatkan kesehatan diri. Dengan demikian jalan sukses akan terbuka lebar karena kita bisa merasa  bahagia serta sehat jasmani rohani.

 ***

Terimakasih untuk Indscript Creative  lewat Personal Branding Agency-nya yang sudah memberikan kesempatan pada saya untuk  mengetahui tentang meditasi lebih jauh.


***
Posting Komentar