Senin, 18 Maret 2013

Bijaksana dalam Berbusana


Hati-hatilah dalam berbusana. Busana yang kita kenakan  akan menunjukkan citra diri kita. Dari cara kita berpenampilan bisa menunjukan status sosial dan juga kepribadian kita. Makanya seseorang harus selektif dalam memilih busana.
Secara pribadi, kita bisa menilai busana yang kita kenakan dengan berbagai parameter. Pertama, adalah faktor kenyamanannya. Ukuran baju harus sesuai dengan besarnya badan kita.  Pilihlah ukuran dan  model yang pas,  sehingga kita merasa puas dengan sering mengenakannya. Jadi,  bukan hanya sebagai pemenuh isi lemari saja.
 Dalam memutuskan untuk membeli busana jangan karena faktor ikut-ikutan. Entah itu ikut-ikutan teman atau ikut-ikutan tren. Selera teman atau tren belum tentu sesuai dengan kita.
Hindari juga untuk tidak terbujuk rayuan iklan yang menggiurkan. Tetaplah menggunakan logika ketika berbelanja. Jangan sampai baju yang sudah kita beli tidak nyaman untuk dikenakan. Sehingga ujung-ujungnya malah dibuang atau dikasihkan orang.


Tip berbusana agar nyaman dan percaya diri yang disesuaikan dengan bentuk tubuh.

a.      Bermain warna.
 
Apakah Anda pemilik tubuh gemuk dan pendek? Jangan khawatir, untuk memberi kesan tinggi dan langsing, Anda bisa mengenakan baju dengan warna-warna yang gelap saja seperti hitam, biru tua dan lainnya. Dan untuk yang mempunyai badan ramping, berilah kesan gemuk dengan mengenakan warna-warna      yang terang seperti putih, orange, kuning dan lainnya.      
                                                           Warna baju yang cocok untuk si langsing.
                                                                              

     Warna baju yang cocok untuk si gemuk.


b.  Corak.

Corak juga bisa digunakan untuk mengesankan seseorang kelihatan langsing atau gemuk. Misalnya untuk corak garis. Garis yang berbentuk horizontal membuat tubuh akan terlihat lebih lebar. Sebaliknya, corak yang vertikal akan membuat tubuh kelihatan tinggi.

Corak pun bisa diletakkan di bagian tubuh tertentu yang ingin ditonjolkan. Misalnya kalau tubuh bagian tertentu kurang sempurna, seperti pinggul yang besar, maka hindari corak di bagian sana. 

c.       Aksen busana.
 
Aksen dalam busana pun ternyata bisa memberi kesan tersendiri pada bentuk tubuh. Misalnya kerah yang lebar akan  mempertajam bentuk bahu yang lebar. Ploi pada rok di bagian kaki akan membuat orang yang melihat lebih perhatian pada bagian itu.

d.      Siluet busana. 
 
Siluet atau potongan busana bisa juga memberi kesan tertentu sehingga bisa menyembunyikan kekurangan bentuk tubuh. Misalnya bentuk tubuh segiempat bisa diperlembut dengan siluet segitiga. Potongan busana yang melebar di bagian bahu dan bersiluet V, bisa  menyembunyikan bagian bawah pinggang yang kurang ramping. Jika Anda mempunyai kaki pendek dan perut besar,  dilarang menggunakan celana baggy karena akan mengesankan tubuh Anda tenggelam.

e.      Jenis bahan. 
  
Terdapat beberapa  jenis bahan di pasaran.  Ada katun mori, katun karded, katun tetoron dan katun viscose. Ada juga yang terbuat dari bulu binatang dan kulit samak. Selain itu juga jenis linen, nilon, polyester, rayon , sutra, spandex dan lain sebagainya. Ada yang memberi kesan panas, dingin atau biasa saja. Teksturnya ada yang halus dan kasar. Untuk kenyamanan, pilihlah jenis bahan yang lembut yang bisa adaptasi di segala cuaca.  
Ternyata jenis bahan pun bisa menyembunyikan kekurangan bentuk tubuh. Tubuh gemuk akan berkesan lebih berat jika mengenakan busana dengan bahan yang tebal dan kaku. Tubuh yang gemuk lebih banyak mengeluarkan keringat, sehingga bahan yang sebaiknya dipakai adalah yang bisa menyerap keringat.

Untuk tubuh yang kurus jangan mengunakan busana yang serba ketat. Karena nanti yang terlihat hanya tonjolan tulang-tulang yang berbalut busana.

f.  Kualitas.

Selain itu, kita perlu memperhatikan kualitas bahan dan jahitannya. Juga ketebalannya. Jangan sampai terlalu tebal karena akan senantiasa membuat tubuh kita gerah senantiasa. Begitupun jangan terlalu tipis karena bisa membuat kita malu selain juga masuk angin.   Selanjutnya perhatikan model dan ukurannya. Busana harus sesuai ukuran tubuh. Tidak kebesaran dan juga tidak kekecilan. Keduanya bisa membuat tubuh tidak nyaman.
g.  Motif. 

Memilih motif juga harus  tepat. Selain harus sesuai kepribadian kita juga tetap harus menyelaraskannya dengan bentuk tubuh. Seperti aku yang suka dengan motif bunga. Tentu saja aku tak akan memilih motif bunga yang besar-besar dengan warna mencolok karena tubuhku cukup gemuk. Sebaliknya, aku memilih bunga-bunga kecil yang jarang dengan warna yang  tidak begitu mencolok.
 
h.      Modis.

Produk pakaian keluaran butik menjadikan kita lebih percaya diri dalam berbusana. Hal itu karena kualitas bahan, jahitan dan modelnya menggunakan sentuhan pribadi.  Tetapi hal itu tidak menjamin kita tampil modis. Kita harus tetap memperhatikan hal-hal di atas. Selain itu,  baju yang dikenakan pun harus sesuai dengan kepribadian kita. Misalnya bagi mereka yang pemalu, pasti akan merasa tertekan kalau memakai baju yang terbuka bagian punggungnya, Tadinya ingin lebih percaya diri, tetapi yang terjadi malah perasaan  tidak nyaman dan bahkan hilang percayaan dirinya.

i.      Fashionable dengan produk online.
 
Sebenarnya kita bisa tampil gaya tanpa keluar biaya mahal. Tepatnya, kita bisa terlihat modis tanpa mengeluarkan uang jutaan. Sudah banyak toko online yang jual baju wanita dengan standar yang tidak mengecewakan. Baik dari segi tren, model, bahan, semuanya berkualitas baik. Harganya pun relatif terjangkau semua kalangan. Jadi, kalau mau tampil gaya, modis dan trendi, saat sekarang tanpa kendala lagi.  Sudah menjamur toko online yang jual pakaian wanita yang bisa dipercaya. Sekali mencoba, ditanggung ketagihan. Hal itu karena kepraktisan dan kualitas yang memuaskan.

Demikian beberapa tip dalam berbusana. Semoga bermanfaat.   

***

Posting Komentar