Minggu, 07 April 2013

Belajar Menjadi Pebisnis Sukses Seperti Razi Thalib



 

Kecintaan akan sesuatu bisa membuat seseorang eksis menggeluti bisnis tertentu. Begitu pun bagi seorang Razi Thalib. Karirnya sebagai konsultan dan pengusaha bermula dari kesukaannya pada dunia Digital Engagement. 


Ia  pun kemudian bekerja pada bidang yang disukainya tersebut. Tak tanggung-tanggung, Australia  menjadi tempat ia menempa pengalaman dalam bidang manajemen produk, strategi dan pemasaran.  Alhasil, tujuh tahun sudah ia terjun mengasah kemampuan  kerja di sana.


Kerinduan pada tempat kelahiran membuat ia hengkang dari negara Kangguru tersebut. Ia pikir, di Indonesia karirnya bisa lebih berkembang. Ditambah lagi cita-citanya yang ingin tetap intens dan fokus pada dunia digital. Maka ia pun terjun menjadi seorang entrepreneur dengan membangun sebuah bisnis jangka panjang :  Bridges and Balloons



Bisnis itu merupakan agensi media digital. Berlokasi di Jakarta. Tujuan utama bisnisnya adalah membantu para pemilik bisnis mengembangkan bisnisnya secara postif melalui penggunaan teknologi digital. Terutama untuk para pebisnis pemula.


Boleh jadi Razi Thalib begitu percaya diri untuk sukses. Hal itu juga didukung oleh pengalaman positif sebelumnya. Ia telah berhasil mengantar Zalora Indonesia meningkatkan pertumbuhan bisnisnya hingga 40% dalam waktu setahun. Sistem media digital yang telah dibuatnya telah membawa situs online itu  menorehkan keuntungan yang berlipat ganda. Tak salah rasanya , jika ia berharap bisa mengembangkan sistem digitalnya agar berkembang terus ke depannya.


Masih banyak daftar proyek sukses lainnya yang telah ia tangani. Sebutlah salah satunya “Gerakan Indonesia Mengajar”. Lewat formulasi media digitalnya, pengembangan misinya berupa pendidikan untuk siswa di daerah terpencil pun cukup sukses.  Dan kesuksesannya itu tak lain dan tak bukan karena sumber daya yang handal yang telah menelorkan  berbagai ide kreatif  Misalnya untuk “Gerakan Indonesia Mengajar’, ia mengadaptasinya dari program Teach for America. 


Ketika pengusaha yang baru tinggal tiga tahun di Indonesia itu ditanya tentang kiat-kiat suksesnya, maka dengan yakin ia menyebutkan bahwa kesuksesannya didukung oleh perangkat sistem digitalnya. Ia menggunakan konten yang rinci, mudah dicerna dan menyenangkan. Juga konten yang disukai pelanggan dengan cara menyajikan hal serius menjadi ringan dan menarik tanpa kehilangan esensinya. Dengan penuh semangat ia menjelaskan,  “Kalau kontennya fun, para pelanggan dengan senang hati akan share, twit, klik “Like”, join, komen, dan sebagainya. Termasuk tentu saja membeli produk dengan wajah penuh senyuman,” 


Itulah sekelumit kisah Razi Thalib dan kesuksesannya. Minatnya dalam dunia digital dan menyalurkannya menjadi entrepreneur pada bidang yang disukainya mengantarnya menuju kesuksesan. Anda mempunyai minat pada bidang tertentu dan ingin mengembangkannya? Maka jadilah seperti Razi Thalib. Dan semoga Anda  bisa sukses juga sepertinya. Amin.  

*** 



Posting Komentar