Kecintaan
akan sesuatu bisa membuat seseorang eksis menggeluti bisnis tertentu. Begitu
pun bagi seorang Razi Thalib. Karirnya sebagai konsultan dan pengusaha bermula
dari kesukaannya pada dunia Digital Engagement.
Ia pun kemudian bekerja pada bidang yang
disukainya tersebut. Tak tanggung-tanggung, Australia menjadi tempat ia menempa pengalaman dalam
bidang manajemen produk, strategi dan pemasaran. Alhasil, tujuh tahun sudah ia terjun mengasah
kemampuan kerja di sana.
Kerinduan
pada tempat kelahiran membuat ia hengkang dari negara Kangguru tersebut. Ia pikir,
di Indonesia karirnya bisa lebih berkembang. Ditambah lagi cita-citanya yang
ingin tetap intens dan fokus pada dunia digital. Maka ia pun terjun menjadi
seorang entrepreneur dengan membangun sebuah bisnis jangka panjang : Bridges and Balloons.
Bisnis itu
merupakan agensi media digital. Berlokasi di Jakarta. Tujuan utama bisnisnya
adalah membantu para pemilik bisnis mengembangkan bisnisnya secara postif melalui
penggunaan teknologi digital. Terutama untuk para pebisnis pemula.
Boleh jadi
Razi Thalib begitu percaya diri untuk sukses. Hal itu juga didukung oleh pengalaman
positif sebelumnya. Ia telah berhasil mengantar Zalora Indonesia meningkatkan
pertumbuhan bisnisnya hingga 40% dalam waktu setahun. Sistem media digital yang
telah dibuatnya telah membawa situs online itu menorehkan keuntungan yang berlipat ganda. Tak
salah rasanya , jika ia berharap bisa mengembangkan sistem digitalnya agar
berkembang terus ke depannya.
Masih
banyak daftar proyek sukses lainnya yang telah ia tangani. Sebutlah salah
satunya “Gerakan Indonesia Mengajar”. Lewat formulasi media digitalnya,
pengembangan misinya berupa pendidikan untuk siswa di daerah terpencil pun cukup
sukses. Dan kesuksesannya itu tak lain
dan tak bukan karena sumber daya yang handal yang telah menelorkan berbagai ide kreatif Misalnya untuk “Gerakan Indonesia Mengajar’,
ia mengadaptasinya dari program Teach for America.
Ketika
pengusaha yang baru tinggal tiga tahun di Indonesia itu ditanya tentang
kiat-kiat suksesnya, maka dengan yakin ia menyebutkan bahwa kesuksesannya
didukung oleh perangkat sistem digitalnya. Ia menggunakan konten yang rinci, mudah
dicerna dan menyenangkan. Juga konten yang disukai pelanggan dengan cara
menyajikan hal serius menjadi ringan dan menarik tanpa kehilangan esensinya.
Dengan penuh semangat ia menjelaskan, “Kalau kontennya fun, para pelanggan dengan
senang hati akan share, twit, klik “Like”, join, komen, dan sebagainya.
Termasuk tentu saja membeli produk dengan wajah penuh senyuman,”
Itulah sekelumit
kisah Razi Thalib dan kesuksesannya. Minatnya dalam dunia digital dan
menyalurkannya menjadi entrepreneur pada bidang yang disukainya mengantarnya
menuju kesuksesan. Anda mempunyai minat pada bidang tertentu dan ingin
mengembangkannya? Maka jadilah seperti Razi Thalib. Dan semoga Anda bisa
sukses juga sepertinya. Amin.
***
Tidak ada komentar:
Posting Komentar