Senin, 28 Oktober 2013

(Seri 3) Contoh Artikel Rewrite!

Inilah tulisan rewrite made by saya sendiri. Sumber tulisannya saya ambil dari situs
http://www.jelajahunik.us/2013/09/tempat-unik-danau-yang-memakan-korban.html

Mengerikan, Ribuan Orang Sekitar Danau Nyos Tiba-tiba Mati!


















Suatu hari keadaan menggemparkan tiba-tiba saja terjadi di sekitar danau Nyos Kamerun. Sekitar 1700 orang lebih mendadak meninggal secara bersamaan. Padahal seharusnya mereka melakukan aktivitas hariannya. Tetapi kok malah ditemukan banyak korban  tidak bernyawa bahkan dalam keadaan tidak biasa pula. Ada yang sedang memompa air, memasak bahkan yang sedang minum segala.

Tentu saja hal itu sangat mengejutkan penduduk yang masih hidup. Mereka kebingungan. Tidak tahu apa sesungguhya yang menjadi penyebab terjadinya tragedi itu. Mereka baru sadar setelah para ahli menemukan penyebab kejadian tersebut.   

Ternyata berdasarkan hasil penyelidikan, penyebabnya karena tebing yang runtuh sehari sebelumnya. Tebing itu memasuki air dan mengakibatkan goncangan. Hal itu membuat CO2 yang sudah terakumlasi puluhan tahun lamanya di dasar danau itu mengalami perubahan.  Menjadikan bahan kimia berbahaya itu mengalir ke permukaan.

Hal itu diperparah dengan sifat CO2 yang tidak berwarna dan tidak berbau. Akibatnya, penduduk tidak menyadari keberadaannya. Gas itu kemudian menyatu dengan udara dan peduduk menghirupnya tanpa tahu adanya bahaya. Itulah ternyata yang terjadi pada penduduk sekitar danau Nyos di tahun 1986 lalu.

***
Itulah salah satu contoh artikel rewrite. Silakan mencobanya dan cek di copyscape.



Tetap semangat menulis ya.
Salam














Dewi Iriani
Posting Komentar