Kamis, 21 Februari 2013

Ternyata Meditasi Bisa Menyembuhkan Trauma

Sumber gambar : flickr.com


Siapapun yang pernah terkena trauma, pasti akan selalu terbelenggu di dalamnya. Secara fisik, orang yang trauma kelihatan biasa-biasa saja. Tapi secara psikologis sebenarnya ia memendam perasaan negatif dalam pikirannya. Perasaan-perasaan negatif itu sangat mendalam sehingga mengendap dalam ingatan. Jadi, secara sadar maupun tidak sadar bisa mengganggu pikiran normalnya. Akibatnya tentu saja akan berpengaruh besar dalam menyusun langkah masa depan.

Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang  trauma. Kecelakaan tragis, kehilangan orang yang disayangi, pelecehan seksual, tekanan dalam kehidupan, putus cinta, mengalami kekecewaan, rasa bersalah yang menghantui dan berbagai pengalaman buruk lainnya.

Trauma ini tidak boleh dibiarkan karena sama saja dengan membunuh diri sendiri secara perlahan. Makanya trauma wajib diusir keluar dari kehidupan seseorang. .Walau itu tidak mudah karena diperlukan  komitmen dan konsistensi untuk menghapusnya. Bahkan caranya pun tidak bisa sekaligus tetapi harus secara perlahan-lahan.   Dan sebaiknya semua dikikis habis Jangan ada sedikitpun yang tersisa. 

Adapun salah satu jalan untuk menghilangkan trauma adalah dengan bermeditasi. Kenapa dengan bermeditasi bisa menghilangkan trauma? Jawabannya karena ketika bermeditasi kita dituntut untuk berdamai dengan diri sendiri walau apapun masalah yang terjadi. Meditasi bisa membimbing kita menuju jalan terbaik yang hendak kita tuju. Dengan demikian meditasi bisa menuntun kita ke arah masa depan yang lebih baik. 

Meditasi akan menganggap masalah sebagai sesuatu yang tidak pantas disesali. Sebaliknya masalah akan dianggap sebagai tantangan  yang harus dihadapi. Efek meditasi memang hebat karena  membuat kita bisa mencintai diri sendiri, mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa serta  mengubah hidup kita menjadi lebih positif.

Bagaimana meditasi bekerja menghilangkan trauma adalah proses yang bisa dinalarkan dengan logika. Trauma akan diubah menjadi sesuatu yang lebih positif. Caranya melalui aktifitas menenangkan pikiran dan tubuh melalui pernafasan yang mendorong gelombang otak menjadi lebih tenang. Ketika ketenangan sudah kita dapatkan, maka kita akan lebih menikmati kehidupan saat ini. Kita dibuat lebih fokus pada masa kini, bukan masa lalu ataupun masa depan.

Pengalaman Adjie Silarus, seorang Meditator sukses perlu kita jadikan acuan. Bagaimana dulu beliau  mengikis masa lalunya yang buruk melalui metode meditasi yang dilakukan terus menerus. Beliau kini mencapai  titik bahagia karena apa yang didapatkannya sekarang. Bukan kekelaman masa lalunya atau apapun yang bisa dia dapatkan di masa depan. Pengalaman mengikis trauma masa lalunya itulah yang telah membuatnya sangat bahagia.

Berikut sedikit pendapat Adjie Silarus tentang manfaat meditasi yang telah dirasakannya. Menurutnya meditasi bisa  membantu melepaskan diri dari trauma masa lalu, kecemasan serta ketakutan akan hal-hal yang belum tentu terjadi. Meditasi juga bisa  menuntunnya meraih ketenangan, optimistis, dan mengubah pikiran negatif menjadi positif.

Wah, hebat sekali ya. Terimakasih untuk Inscript Creative dengan lini barunya Personal Branding Agency. Aku jadi mengenal meditasi lebih jauh dan tokoh meditasi yang aku kagumi. Sukses selalu ya.

Posting Komentar