Sabtu, 05 Juni 2010

BANK IDE

Dimana biasanya kita menyimpan uang kita? Tentu di Bank. Apa yang akan kita lakukan jika kita membutuhkan uang itu? Pasti kita akan mengambilnya. Intinya kita mempunyai tempat yang aman untuk menyimpan kemudian mengambilnya dengan mudah saat kita membutuhkannya.
Seperti itu juga ketika kita punya ide. Ide seperti juga uang. Harganya mahal. Bahkan seorang yang idealis mengatakan kalau ide itu lebih berharga dari uang. Maka kita perlu menyimpan ide itu di tempat aman. Kelak jika kita membutuhkannya kita bisa membuka dan mengambilnya sesuai keperluan.
Lantas timbul pertanyaan ide apa saja yang bisa kita simpan dan dimana menyimpannya?
Suatu hari Anda membaca sebuah dongeng tentang seekor kura – kura yang lamban. Lantas tiba – tiba timbul dalam pikiran Anda sebuah ide cerita yang nyeleneh kalau kura – kura yang ada dalam benak Anda itu adalah kura – kura yang tidak seperti biasanya. Ia pintar, serba cepat dalam bertindak dan cerdik dalam menyelesaikan masalah. Selamat, Anda telah menemukan ide baru.
Langkah selanjutnya, tulislah kerangka cerita itu kemudian Anda bisa melanjutkan menjadikannya cerita yang utuh. Tapi jika pada saat itu situasi tidak memungkinkan untuk menulis, Catatlah secara ringkas dalam buku khusus yang berisi semua ide – ide Anda. Bisa juga semua cerita menarik yang Anda lihat, atau pengalaman lucu, apapun itu.
Selain di buku, Anda bisa membuat file tersendiri di komputer Anda. Boleh dengan nama Gudang Ide, Bank Ide, Gudang Naskah atau Bank naskah. Walau sesungguhnya isinya hanya naskah mentah saja atau baru dalam taraf ide yang harus digarap.
Jika isinya bervariatif itu akan sangat membantu Anda. Misalnya ketika ada lomba menulis dongeng. Anda tinggal membuka Bank Ide Anda. Kemudian Anda tinggal mengembangkannya saja. Atau jika Anda mempunyai waktu luang. Satu – satu bisa digarap hingga menjadi naskah siap kirim.
Jadi mari mengisi Bank Ide kita, agar suatu saat kita membutuhkannya, kita bisa mengambilnya. Seperti tabungan kita di Bank tentunya. Selama masih ada yang bisa disimpan, kita menyimpannya. Kita membuatnya jadi banyak dengan harapan akan banyak manfaat pula yang akan kita dapat. Akhirnya salam semangat buat semuanya. Menulis dan menulis terus yuk!

Ujungberung, 05 juni 2010 jam 09.45
Tsuraya Widuri





Posting Komentar