Kamis, 22 November 2012

4 PEDOMAN MINUM SUSU BAGI ANAK



 
  Sumber gambar : Google Image
 
  Jika anak Anda sudah terbiasa minum susu, itu bagus. Hanya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar susu yang diminum anak lebih sarat manfaat. Berikut beberapa pedoman minum susu bagi anak :

1.    Minumlah susu sesuai saran penyajian. Ini berguna agar kebutuhan gizi anak dapat terpenuhi dengan baik. Mengkossumsi susu berlebihan, yaitu lebih banyak dari yang dianjurkan itu tidak berguna. Karena zat–zat gizinya tidak dapat dimanfaatkan oleh tubuh secara optimal.  Sebaliknya malah akan dibuang keluar dari tubuh lewat air seni , tinja dan keringat.

2.  Sebaiknya, hindari susu kental manis sebagai susu utama bagi anak–anak. Susu kental manis kandungan gulanya cukup tinggi. Hal itu bisa mengganggu kesehatan gigi anak. Selain itu unsur gizinya juga rendah. Dikhawatirkan kebutuhan gizi anak tidak akan terpenuhi dengan baik. Padahal konsumsi gizi yang cukup, amat dibutuhkan di masa pertumbuhannya.

3.    Minum susu dengan merek dan rasa yang berbeda–beda itu tidak bermasalah, selama tubuh masih bisa menerima. Tetapi jika tubuh tidak cocok dengan susu jenis tertentu, bisa saja timbul hal–hal yang tidak diinginkan, misalnya diare.

4.     Jangan khawatir jika komposisi lemak dalam susu yang diminum anak cukup tinggi. Anak memerluka lemak dalam masa pertumbuhannya. Berbeda dengan orang dewasa yang perlu  memperhatikan kandungan lemak karena bisa menyebabkan kegemukan, kolesterol tinggi, hipertensi, penyakit jantung dan lain–lain.


Sumber Utama : Pusat Informasi Gizi Andec, dengan perubahan redaksional.

Posting Komentar